Panca I’dad Nikah

04.40 Posted In Edit This 0 Comments »
Panca maksudnya lima, I’dad maksudnya persiapan, nikah ya nikah or mantenan’ merit, mbojo/ dll begitu banyak istilah kayaknya yang bisa digunakan. Lima hal yang dimaksuda yaitu:
  1. Persiapan Rukhiyah

Ini meliputi kesiapan kita untuk mengubah sikap mental menjadi lebih bertanggungjawab, sediia berbagi, meluntur ego, dan berlapang dada. Ada penekanan juga untuk siap menggunakan dua hal dalam hidup yang nyata, yakni sabar dan syukur. Ada kesiapan untuk tunduk dan menerima segala ketentuan Allah yang m,engatur hidup kita seutuhnya, lebih-lebih dalam rumah tangga. Hayoo gak ngeri kan??, ning jadi merinding juga yaa..

  1. Persiapan ‘Ilmiyah-Fikriyah

Bersiaplah untuk menata keluarga dengan pengetahuan, ilmu, dan pemahaman. Ada ilmu tentang Ad Diin. Ada ilmu tentang berkomunikasi yang ma’ruf kepada pasangan. Ada ilmu untuk menjadi orang tua yang baik. Ada ilmu tentang penataan ekonomi, dan banyak ilmu yang lain. Keren kan, gak pernah nih dosen kita ngajarin di bangku kuliah.

  1. Persiapan Jasadiyah

Intinya jaga kesehatan dan kebersihan biar lebih rapid an enak dipandang mata. Makanya banyak orang kalau sudah nikah biasanya lebih rapi, betul gak ya?

  1. persiapan Maadiyah

Pokoknya kalau untuk yang ini, tuntutannya adalah sekedar komitmen untuk segera mandiri, begitu.. ganti..

  1. Persiapan Ijtima’iyah

Artinya siap untuk bermasyarakat, faham bagaimana bertetangga, mengerti bagaimana bersosialisasi dan mengambil peran ditengah masyarakat. Juga tak kalah penting, memiliki visi perubahan menuju kebaikan yang bagus di lingkungannya.

Nah itu semua adalah persiapan. Artinya sesuatu yang kita kerjakan dalam proses yang tidak berhenti. Seberapa banyak dari persiapan di atas yang harus dicapai sebelum menikah?. Ukurannya menjadi sangat relatif. Karene bahkan proses persiapan hakikatnya adalah juga proses perbaikan diri yang kita lakukan sepanjang waktu. Setelah meniukahpun, kita tetap harus terus mengasah apa-apa yang kita sebut sebagai persiapan meniukah ini. Lalu kapan doong nikahnya???. Kamu sendiri dong yang paling tahu..

0 komentar: